Tuesday, April 18, 2017

Cara Menurukan Berat Badan Dengan Diet Sihat



1. Sayangi dan Kenali Tubuh Anda

Untuk menurunkan berat badan dengan cepat yang pertama harus anda lakukan adalah mengenali tubuh anda sendiri. Apakah anda termasuk orang yang mudah naik berat badan atau orang yang susah untuk naik berat badannya. Ketika anda telah mengetahuinya maka anda akan tahu apa hal yang tepat saat melakukan diet

2. Utamakan sarapan pagi

Pola makan yang sehat untuk program diet yang kedua adalah dengan mengutamakan sarapan pagi. Hal ini, karena untuk beraktivitas maka seseorang membutuhkan asupan energi yaitu dari sarapan. Manfaatkan sarapan pagi Anda dengan asupan makanan yang mengandung serat tinggi seperti roti gandum, pisang, serealyoghurt dan lain sebagainya.

3. Konsumsi Buah dan Sayur

Mulailah perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran untuk membuat tubuh anda langsing dan sehat. Karena buah sangat baik sekali dalam menahan rasa lapar serta banyak sekali manfaatnya  bagi tubuh kita. misalkan menggantikan cemilan yang mengandung lemak dengan buah apel, dan sebagainya.

4. Perhatikan komposisi gizi makanan dalam kemasan

Tahap selanjutnya adalah dengan selalu memperhatikan komposisi gizi dalam kemasan makanan yang Anda konsumsi. Hal ini sangat penting untuk memperhatikan berapa banyak kalori yang masuk dalam tubuh Anda, sehingga Anda bisa menghindari asupan kalori berlebih dalam tubuh.

5. Makan secara teratur

Jika Anda beranggapan diet harus menahan lapar, itu salah total. Justru dengan rasa lapar, maka sistem metabolisme tubuh Anda akan terganggu. Maka dari itu, jangan melakukan diet tanpa makan. Makanlah dengan teratur dengan porsi yang sedikit, agar pembakaran kalori dalam tubuh tetap bekerja, dan dapat memperbaiki sistem metabolisme dalam tubuh.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyaklah mengkonsumsi air putih, guna membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membuang racun penyebab maslah pencernaan.

4. Pilih Makanan Tinggi Serat

Obat pelangsing tubuh alami yang paling manjur adalah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki serat tinggi. Hal ini dikarenakan, serat dapat membantu kelancaran sistem pencernaan sehingga bisa memudahkan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Jadi, pilihlah makanan berserat tinggi seperti bayam, sayuran hijau, dan buah-buahan.

5. Pilih Makanan Rendah Lemak Jenuh

Tips diet selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang rendah lemak jenuh, seperti sayuran dan makanan yang mengandung asam lemak tinggi seperti omega-3 yang biasanya terdapat dalam ikan.

6. Olahraga Teratur

Untuk melengkapi program diet sehat Anda agar berhasil, maka lakukan olahraga dengan teratur. Lakukan olahraga yang Anda sukai untuk memudahkan program diet sehat Anda. Anda bisa melakukan olahraga ringan maupun yang sedang (jangan yang ekstrim)
Menurut penelitian, mereka yang berolahraga memiliki berat tubuh yang cenderung stabil, bahkan turun jika dibandingkan mereka yang tidak suka olahraga. Olehraga tidak perlu mahal, anda dapat sekedar berjalan – jalan, jogging, berenang, bersepeda, dan olahraga lainnya yang dapat membuat berat badan menjadi berkurang

7. Bebas Gula

Mulailah hindari makanan atau minuman yang banyak mengandung pemanis buatan. Karena tidka hanya membuat berat badan naik, mengkonsumsi pemanis buatan berlebihan akan mudah terkena berbagai penyakit.

8. Jangan Melakukan Tindakan Ekstrim

Jangan melakukan tindakan ekstrim yang membuat berat tubuh anda menjadi berkurang sangat cepat, Karena dengan menghilangnya berat tubuh dalam waktu singkat akan membuat tubuh menjadi tidak stabil dan tidak sehat. Upayakan berat badan turun secara perlahan dan terencana.

9. Gosok gigi secara teratur

Ketika selesai makan malam segeralah menggosok gigi, untuk mencegah makan cemilan setelah makan malam. Dan jika tidak ada kegiatan yang berarti segeralah tidur untuk menyabut hari esok lebih bersemangat.

10. Makanan Jangan jadikan makanan sebagai pelampiasan

Bagi sebagian orang makanan merupakan sarana yang cocok untuk melampiaskan kekesalan, sehingga ketika mengkonsumsi makanan menjadi tidak terkontrol. Akhirnya program diet yang direncanakan menjadi gagal, lebih baik mencari pelampiasan yang positif misalnya, berkumpul sama teman , liburan ataupun pengajian.
Inilah beberapa tips dan cara untuk anda dapat menurukan berat badan dengan pola diet sehat yang alami dan mudah untuk dilakukan. Lakukan program diet sehat ini dengan menggunakan jadwal harian diet agar konsisten menjalankannya!

No comments:

Post a Comment